Kedutaan AS di Kairo, Sasaran Demo Berikutnya

Rakyat Mesir, Kamis selain menegaskan tekadnya untuk menggelar long march menuju Istana Kepresidenan Mesir pada hari ini (Jumat,11/2), juga menyatakan bahwa tujuan demo berikutnya adalah Kedutaan Besar AS di Kairo.

Sebagaimana dilaporkan wartawan IRNA dari Kairo, menyusul persiapan warga untuk bergerak menuju istana presiden, transformasi politik dan militer di Kairo mulai menemukan bentuk baru. Demonsran Mesir pada hari ke-17 protesnya, mengumumkan bahwa mereka pada hari ini akan bergerak menuju tempat tinggal Mubarak.
Sementara itu, Menteri Luar Negeri Mesir Ahmed Aboul Gheit dalam statemen terbarunya, menyerang pemerintah Amerika Serikat. Dalam wawancara dengan televisi PBS, Aboul Gheit mereaksi perintah Washington untuk "mempercepat" proses reformasi politik di Mesir.
Kepada para pejabat Gedung Putih, Aboul Gheit mengatakan, "Ketika AS telah menggunakan kata-kata seperti mempercepat, segera dan sekarang, maka mereka tengah berupaya memaksakan kebijakannya kepada kami, sebagai mitra besar AS dan senantiasa punya hubungan paling baik dengan negara adidaya itu."
Sebelumnya, rakyat Mesir juga memberikan slogan-slogan terhadap rezim Zionis Israel, AS dan Inggris. Mereka memperingatkan campur tangan Barat dalam urusan Mesir.
Kedutaan AS di Kairo berada di bawah pengamanan super ketat dan dokumen-dokumen rahasia juga sudah dimusnahkan atas perintah Washington. AS telah mengungsikan keluarga para diplomat dari Kairo.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites