Nyawa di Ujung Jempol


Pasti sebagian besar dari Anda bertanya-tanya ’emang apa sih fungsi jempol saat mengendarai motor?’ bahkan saya jamin Anda pun memeragakan kedua tangan dengan posisi menggenggam, seolah-olah memegang setang /kemudi sambil menggerakan jempol kanan dan kiri Anda secara bergantian.
Fungsi dari jempol antara lain:
1. menstarter kendaraan saat pertama kali menghidupkan mesin.
2. Menghidupkan lampu utama
3. Membunyikan klakson
4. Menghidupkan lampu sign
5. Mengatur lampu jarak dekat dan jauh
Fungsi yang disebutkan diatas adalah lumrah dan sudah biasa kita lakukan saat mengendarai sepeda motor. Tapi, apakah Anda tahu fungsi jempol selain yang disebutkan diatas? Tips berikut saya dapatkan dari Paman saya saat saya baru bisa belajar naik motor.
Memang awalnya saya nggak terbiasa. Jempol tangan kanan dibiarkan terbuka terpisah (gambar a). Tidak seperti dilakukan oleh kebanyakan orang, kelima jari termasuk jempol menggenggam utuh kemudi (gambar b).safety-riding
Fungsi dari jempol adalah menahan gerakan tekanan gas saat kita melaju dijalan yang bergelombang. Logikanya jika kita berada dijalan yang bergelombang atau pada saat tidak dapat mengontrol laju kendaraan, tangan kita menggenggam lebih kencang dan ini secara tidak langsung berarti menambah kecepatan kendaraan. Dan dikhawatirkan jika dalam kondisi genting kita tidak dapat mengontrol kecepatan dapat berakibat kecelakaan lalu-lintas.
Hal ini benar-benar saya sadari saat mengalami kecelakaan tunggal beberapa waktu lalu. Saya menggunakan sepeda motor dan mengekor sebuah mobil dengan kecepatan sekitar 100KM/jam, saat itu hujan deras dan hari sudah malam. Tiba-tiba mobil didepan saya mengerem, saya pun mengurangi kecepatan. Saya tidak sadar mobil didepan saya mengerem karena menghindari sebuah lubang yang lebar. Dalam hitungan singkat saya terpelanting, kendaraan berputar 270 derajat dan seketika itu berhenti. Bersyukur hanya luka pada pada lutut, tumit dan jempol kaki. Apa yang terjadi jika saya gugup dan memegang kemudi dengan (semakin) erat? Padahal dibelakang saya ada kontainer.
Dari kejadian tersebut saya sudah membuktikan ternyata ada fungsi lain dari jempol yang tak banyak diketahui oleh kita. Mari berkedara secara aman, agar meminimalkan resiko kecelakaan lalu-lintas. Go safety Riding! :) 


sumber : detik.com

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites