Sampai Kapan PADI Vakum?

SINGEL Terbakar Cemburu yang sukses agaknya bukan menjadi penyemangat Padi, kelompok musik yang beranggotakan Fadly (vokal), Piyu (gitar), Ari (gitar), Rindra (bas), dan Yoyo (drum), untuk merespons pasar dengan mengeluarkan album baru.
Sebaliknya manajemen Padi mengeluarkan keputusan yang mengejutkan. Dalam rapat internal beberapa pekan silam, Padi dinyatakan vakum dan akan ditinjau kembali pada Februari 2011.
Pengertian vakum, tak ada konser maupun promosi. Para personelnya pun tidak dibenarkan menyanyikan lagu Padi jika tidak tampil bersama seluruh personel alias full band.
Piyu, boleh tampil sendiri, tapi tidak membawa nama Padi. Begitu juga personel yang lain.
Di luar itu, Padi boleh mempersiapkan singel terbaru berjudul Tempat Terakhir. Lagu itu diciptakan Yoyo dan Fadly dalam tempo 8 jam. Idenya dicuplik dari status di Facebook. Padi juga intens menggarap theme song film animasi  Upin & Ipin  di Malaysia. Selesai dua pekerjaan itu, Padi benar-benar vakum.
Piyu, selain sedang “bermesraan” dengan komunitas gitaris di Indonesia, juga sibuk mengurus bisnisnya, E-motion. Fadly sang vokalis menyanyikan lagu-lagu orang. Fadly tampil di acara Pearl Jam Night bersama Rindra, tidak menyanyikan satu lagu Padi pun. Kadang Ari ikut tampil. Yoyo masih sibuk dengan coaching clinic. Saat gitaris Guns N’ Roses, Slash, tampil di Indonesia, Yoyo salah satu drummer yang dapat kesempatan nge-jam bareng Slash.
Kesibukan masing-masing personel sebenarnya bukan jadi alasan Padi vakum. Penyebab vakumnya, konon dipicu sikap kurang disiplin personel. Tapi tak dijelaskan siapa personel yang kurang disiplin itu.
“Padi itu sebuah keluarga, bukan kelompok musik. Tidak bisa, misalnya kami enggak suka dengan salah seorang personel, lantas memecatnya. Padi berbeda dengan band lain. Dalam situasi apa pun tetap bersama. Sampai kapan pun akan bersama,” tutur Rindra.
Hal yang sama juga ditegaskan Fadly. Banyak tawaran mengalir kepada Fadly untuk berkarier solo, tapi Fadly menampiknya. Fadly masih berharap banyak pada Padi.
“Bagi kami, dengan Padi itu bukan sekadar bermain musik. Padi bukan kumpulan pemain musik yang seandainya salah satu pemain berhalangan main, bisa digantikan pemain lain. Kalau sekadar cari pemain yang hebat, banyak. Tapi yang namanya Padi, ya semua personel itu,” tandas Fadly.
Sampai kapan Padi akan berdiam diri? Tentu saja bergantung pada rapat internal Februari mendatang.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites